Hati-hati, Ternyata Diet Tidak Baik Untuk Wanita Hamil


Sudah lama menjadi topik perdebatan bahwa makanan mana yang paling sehat dan mana yang bisa berbahaya jika dikonsumsi Ibu Hamil. Tetapi, bahkan buah-buahan, sayuran dan ikan dapat berbahaya ketika diambil dalam dosis tinggi, terutama untuk Wanita hamil dan anak-anak.

Kata sebuah Studi oleh Perspektif Kesehatan Lingkungan, paparan pestisida dan kontaminan makanan lainnya dapat berbahaya bagi Wanita hamil dan bayi.

Wanita hamil dan anak-anak kecil sangat rentan terhadap paparan kontaminan makanan. Selama Kehamilan, janin dan bayi rentan terhadap efek bahan kimia lingkungan. Diet yang sehat dan seimbang selama Kehamilan sangat penting untuk status gizi yang optimal.

Sebuah tim besar ilmuwan dari berbagai institusi di seluruh Eropa mempelajari hubungan antara diet dan 33 kontaminan lingkungan pada ibu dan anak-anak dari enam negara Eropa. Ditemukan bahwa semakin tinggi konsumsi ikan, semakin tinggi tingkat bahan kimia persisten beracun hadir dalam darah ibu dan anak. Bahan kimia ini termasuk bifenil poliklorinasi (PCB), zat perfluoroalkyl (PFAS) dan arsenik dan merkuri logam beracun.

Asupan ikan yang direkomendasikan adalah tiga porsi per minggu untuk Wanita hamil dan dua porsi untuk anak-anak. Ditemukan bahwa mereka yang mengikuti asupan yang direkomendasikan memiliki kadar PFAS, arsen, dan merkuri yang lebih rendah.

Juga ditemukan bahwa konsumsi buah-buahan dikaitkan dengan kadar empat pestisida organofosfat (OP) yang diukur dengan mengambil sampel urin anak-anak dan Wanita hamil. Wanita hamil yang memiliki lebih dari porsi buah yang direkomendasikan memiliki kadar metabolit yang lebih tinggi dalam urin mereka dibandingkan dengan mereka yang memiliki konsumsi buah yang rendah.

Selain itu, ditemukan bahwa anak-anak yang makan makanan organik lebih dari sekali seminggu memiliki kadar OP dan metabolit ftalat yang lebih rendah dalam urin, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengkonsumsi makanan organik.

Para peneliti menemukan bahwa Wanita hamil dan anak-anak yang tidak melebihi rekomendasi diet untuk ikan kurang terpapar PFAS, arsenik dan merkuri.

No comments for "Hati-hati, Ternyata Diet Tidak Baik Untuk Wanita Hamil"