Suka Begadang Berisiko Tinggi Obesitas, Ini Buktinya


Disadari atau tidak, tak sedikit anak generasi Z yang memulai jam tidur malam yang sangat larut. Dulu, mungkin anak-anak jam delapan malam saja sudah tidur. Saat ini?

Perlu diketahui moms, penelitian terbaru menunjukan, anak-anak yang Begadang memiliki risiko Obesitas yang lebih tinggi.

Yup, dilansir dari healthline, durasi tidur yang lebih pendek dapat memengaruhi tubuh anak dengan berbagai cara,termasuk peningkatan kadar insulin.

Peneliti menemukan, anak-anak yang biasanya tidur larut malam, seperti di atas jam sembilan malam, memiliki ukuran pinggang lebih lebar dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi.

Namun, peneliti mengatakan orangtua tidak boleh terburu-buru membuat anak mereka tidur lebih awal. Para ibu dan ayah disarankan untuk tetap fokus mempertahankan rutinitas waktu makan dan tidur pada anak.

Penelitian yang menemukan kaitan antara tidur larut malam dan Obesitas itu dilakukan oleh tim yang dipimpin Dr. Claude Marcus, profesor pediatri di Karolinska Institute, Swedia.

Studi ini bagian dari studi yang lebih luas terkait Obesitas, dan berfokus pada 107 anak di Swedia, dengan 64 anak mempunyai orangtua yang diklasifikasikan termasuk kelebihan berat badan.

Para peneliti memantau berat, tinggi, dan lingkar pinggang tiap anak dari usia satu hingga enam tahun, dan semuanya memiliki ukuran yang sama ketika studi dimulai.

Aktivitas tidur diukur selama tujuh hari berturut-turut satu tahun sekali selama masa penelitian dengan pelacak yang dikenakan di pergelangan tangan anak.

Peneliti merekomendasikan agar orang tua melakukan hal yang akan membuat anak tidur lebih cepat tanpa paksaan. Kamu bisa melakukan mulai mematikan alat elektronik, mandi air hangat sebelumnya, hingga membacakan cerita di kamar tidur.

Walaupun penelitian ini membutuhkan studi lanjutan, perlu diingat bahwa sudah banyak studi yang membuktikan dampak buruk dari jam tidur yang kurang untuk orang dewasa maupun anak-anak.

No comments for "Suka Begadang Berisiko Tinggi Obesitas, Ini Buktinya"