4 Jenis Susu Formula Terbaik untuk Bayi 1 Tahun


Bayi berusia 0 hingga 1 tahun membutuhkan ASI eksklusif sebagai pilihan utama yang paling terbaik. Akan tetapi terkadang ada beberapa alasan yang membuat para ibunda tidak dapat memberikan ASI secara eksklusif. Salah satu alasannya yaitu karena tidak dapat memproduksi ASI secara optimal. Sementara saat memasuki usia 1 tahun si kecil membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan kembangnya.

Kebutuhan akan nutrisi pada bayi tidak hanya dapat ditemukan pada ASI saja. Akan tetapi untuk susu formula yang diberikan kepada si kecil juga bisa dijadikan sebagai kombinasi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi si kecil. Ada beberapa jenis susu formula yang dikhususkan untuk bayi berusia 1 tahun. Sehingga Anda bisa menentukan jenis susu seperti apa yang sekiranya cocok bagi si kecil.

4 Jenis Susu Formula Terbaik untuk Bayi 1 Tahun

Saat memberikan susu pertumbuhan bayi, ibunda tidak perlu merasa cemas dan ragu karena kebutuhan akan nutrisi dan gizi anak akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usianya. Sebagai orang tua haruslah cerdas dalam menentukan pilihan pada jenis susu formula yang terbaik. Setiap kandungan nutrisi  dalam susu formula disesuaikan pada usia anak.

Berikut ini jenis susu formula bayi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan sekecil, diantaranya:

Susu Sapi

Susu formula bayi yang terbuat dari bahan dasar susu sapi sebagian besar diubah supaya bisa menyerupai kandungan nutrisi yang ada pada ASI. Hal ini menjadikan susu formula berbasis protein susu sapi mempunyai keseimbangan nutrisi yang tepat. Sehingga lebih mudah dicerna bayi. Untuk pemberian susu formula pada tahap permulaan dapat diberikan susu sapi.

Didalamnya terdapat berbagai kandungan nutrisi dan gizi sesuai dengan kebutuhan si kecil. Akan tetapi tidak semua bayi akan cocok dengan kandungan susu sapi tersebut. Salah satu kendala yang seringkali terjadi yaitu adanya alergi. Jika sekiranya anak menunjukkan tanda-tanda adanya alergi terhadap susu sapi, maka pemberian susu harus diberhentikan.

Soya

Susu soya merupakan jenis susu formula yang berbasis kedelai dan sangat tepat dijadikan alternatif bagi si kecil yang mempunyai permasalahan terhadap intoleransi laktosa susu sapi. Selain itu juga bisa digunakan untuk si kecil yang mengeluarkan protein hewani pada menu sang anak. Hal ini seringkali terjadi pada orang tua yang cenderung vegetarian.

Namun untuk pemberian susu soya ini harus disesuaikan pada kebutuhan si kecil. Jenis susu soya yang beredar luas di pasaran yaitu seperti susu Morinaga yang mempunyai harga terjangkau. Namun kebutuhan akan nutrisi sekecil tetap terpenuhi secara optimal.

Hypoallergenic atau Hydrolyzed

Jenis susu selanjutnya ini terbuat dari bahan dasar berupa susu sapi, namun sudah dimodifikasi. Dengan begitu kandungannya hanya partikel protein yang kecil dan bisa memicu adanya reaksi alergi. Secara umum, jenis susu formula ini hanya bisa diberikan kepada si kecil yang telah dikonfirmasi adanya alergi susu..

Pada biasanya, susu hipoalergenik ini akan diberikan kepada bayi yang lahir secara prematur dan seringkali mengalami kesulitan mencerna susu sapi. Ternyata susu formula terhidrolisis ini bisa membantu si kecil untuk dapat menambah berat badan dibandingkan dengan jenis susu formula yang lain.

Susu Bebas Laktosa

Jenis susu bebas laktosa ini akan menggantikan gula di dalam susu dengan karbohidrat yang lain. sebenarnya jenis susu yang terbebas dari laktosa mempunyai kandungan berupa protein susu sapi. Sehingga tidak akan bekerja secara baik pada bayi yang benar-benar mengalami alergi pada susu sapi.

Ke 4 jenis susu yang ada di atas memang sangat mudah dijumpai di pasaran dan para orang tua bisa memberikannya kepada si kecil. Namun perlu diingat, perhatikan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya supaya Anda tidak salah dalam memberikan susu sesuai kebutuhan anak. Terutama ketika anak berada dalam masa tumbuh dan berkembang.

No comments for "4 Jenis Susu Formula Terbaik untuk Bayi 1 Tahun"